web ini masih dalam tahap pengembangan jika nanti anda mengunjungi web ini dan apabila mengganggu kenyamanan anda kami dari phak management minta maff ketidak nyamanan anda itu dikarenakan web ini sedang melalakukan update

ucapan salam

Senin, 14 Februari 2011

Masa subur wanita setalah haid atau sebelum haid?


Masa subur wanita setalah haid atau sebelum haid?

tangal 11 januari istri saya haid. biasanya waktu haidnya 1 minggu. kira-kira kapan masa suburnya? tanggal berapa??

Rincian tambahan

mohon dijawab ya bagi siapa saja yang tahu.
1 bulan lalu

Jawaban (5)

·         Penjawab 1
siklus bulanan wanita tdk pernah tetap, bisa maju atau mundur 2 - 3 hari dr jadwal haid bulanan dikarenakan stress atau terlal capek, nah masa suburnya hitung 7 hari sebelum haid dan 7 hari sesudah haid.

haid tgl 11, kl maju 3 hari, bulan berikutnya dtang haid tgl 14, artinya masa suburnya ada di tanggal 1-7 dan 22 - 28, kl mundur 3 hari, sudah bisa hitung sendiri kan. . ?
·         Penjawab 2
setau saya masa subur setelah haid adalah sehabis haid adalah masa subur wanita...
·         Penjawab 3
Cara menentukan masa subur melalui perubahan lendir serviks.
Perubahan lendir serviks dapat diamati melalui vulva (alat kelamin luar) dan dicatat setiap hari. Perubahan lendir dapat juga diamati pada serviks dimana lendir tersebut akan muncul sehari sebelum muncul di vulva. Perubahan ini mungkin dikaburkan dengan adanya cairan sperma, spermisida atau infeksi vagina.
Lendir serviks ini dapat dikenali dengan rasa/sensasi, penampakan, dan tes dengan jari tangan
---------
Menurut Ane Hira perhitungannya:
langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menentukan masa subur wanita dengan sistem kalender.
1. Mencatat Siklus Menstruasi
Untuk menentukan masa subur wanita setelah menstruasi bulan ini, Anda perlu mencatat siklus menstruasi Anda. Amatilah selama beberapa bulan sebelumnya kapan hari pertama menstruasi Anda. Catatlah dengan teliti selama kurang lebih enam bulan.
Ini akan membantu Anda menghitung masa subur Anda karena dari catatan tersebut Anda akan tahu apakah siklus menstruasi Anda teratur atau tidak. Normalnya siklus menstruasi berkisar antara 21-35 hari sekali. Ini dapat bervariasi pada tiap wanita.

2. Menghitung dan Menentukan Masa Subur
Bagi wanita yang siklus menstruasinya teratur, puncak masa subur terjadi 14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Misalnya, hari pertama menstruasi Anda yang berikutnya akan terjadi tanggal 28, maka puncak masa subur Anda adalah 28-14=14.
Setelah menemukan tanggal 14 tersebut, Anda dapat mengurangi dan menambah 2 hari sebagai masa subur Anda. Jadi dapat dikatakan bahwa selama tanggal 12 sampai dengan tanggal 16 merupakan masa subur Anda.

Menentukan masa subur wanita setelah menstruasi siklus ini lebih mudah dilakukan jika menstruasi terjadi teratur, lalu bagaimana jika tidak?

Bagi wanita yang siklus haidnya tidak teratur, paling tidak harus mengamati dan mencatat selama enam bulan untuk dapat menghitung dengan sistem kalender. Dari hasil pengamatan selama enam bulan akan terlihat siklus terpendek dan siklus terpanjang menstruasi Anda.

Kurangi siklus terpendek dengan angka 8 dan juga kurangi siklus terpanjang dengan angka 11 untuk mengetahui masa subur terakhir Anda.

Misalnya siklus terpendek menstruasi Anda adalah 27 hari dan terpanjang 32 hari. Hitunglah 27-8=19 dan 32-11=21. Jadi masa subur siklus berikutnya akan terjadi pada hari ke 19 sampai dengan hari ke 21 sebelum hari pertama menstruasi siklus berikutnya.

Menentukan masa subur wanita setelah menstruasi siklus kali ini pada wanita yang tidak teratur menstruasinya memang lebih rumit. Hal ini karena sulit menentukan kapan hari pertama menstruasi berikutnya terjadi. Karenanya meskipun sudah menggunakan sistem kalender, disarankan untuk menggabungkannya dengan metode lain agar hasil lebih akurat..

materi referensi:

Annehira
·         Penjawab 4
Rumus Menghitung Masa Subur Wanita / Perempuan Sistem Kelender :

Masa Subur = Hari Terakhir Haid Menstruasi + 13
Masa Prasubur = Masa Subur -3 & Masa Subur + 3

Contoh : Jika hari terakhir mens adalah tangal 10 maka tanggal masa subur adalah tanggal 23, masa prasubur awal tanggal 20 dan masa prasubur akhir tanggal 26.

Agar lebih tepat sebaiknya melakukan pencatatan 6 siklus haid terakhir untuk menentukan masa prasubur. Kurangi dan tambahkan 3 hari pada siklus terpendek dan terpanjang dari catatan yang telah dibuat.

Jadi berhati-hatilah dalam berhubungan suami isteri ketika masa subur istri tanpa alat kontrasepsi atau teknik KB lainnnya yang dapat mencegah kehamilan. Pelajari dengan baik sebelum menentukan metode pencegah kehamilan yang tepat dengan ahli kadungan seperti dokter dan bidan.

Sistem kalender dalam menentukan masa subur hanya dapat digunakan pada wanita yang teratur mens 28 sampai 35 hari. Rokok dan gizi buruk juga mempengaruhi rutinitas keluarnya sel telur.

Tambahan :
- Ada sistem perhitungan kalender lain yang menggunakan waktu masa subur 14 hari dengan jeda masing-masing 2 hari di awal dan di akhir.
- Gunakan alat tes masa subur yang dijual bebas dengan media air seni perempuan untuk mengetahui kapan subur dan kapan tidak subur dengan tingkat ketepatan 90% sampai 95%.
- Cara lain adalah dengan cek lendir leher rahim dengan jari. Cek kekentalan cairan lendir tersebut dengan meletakkan lendir antara jari telunjuk dan ibu jari. Rekatkan keduanya lalu buat jarak 2 sampai 3 cm. Jika lendir putus maka tidak subur dan jika tidak putus maka sedang dalam masa subur. Cara ini mungkin hanya tepat 60% s/d 70% saja.
- Disarankan banyak membaca sumber lain sebagai pelengkap.

Sumber : KCM

* pendidikan seksologi
·         Penjawab 5
Kalau kebiasaan haid istri anda 1minggu maka masa suburnya tgl 18,19,20 itu sudah termasuk masa suburnya

Bukan jawaban yang benar? Coba Yahoo! Search

Pencarian Terkait:

Jawaban di Kesehatan Wanita

0 komentar:

komentar client